Sabtu, 25 Juni 2016

This Is Who I Really Am

Pada tahun 2007 - 2008an, ND mengidap semacam "penyakit" di mana ND merasa nyaman menjadi orang lain ketimbang diri sendiri. Bukannya tidak mengakui diri sendiri, ND cenderung "berperan" sebagai pribadi yang berbeda.
Pada tahun-tahun itu, ND mulai aktif-aktifnya menjelajahi dunia maya, online di sana-sini, masuk ke berbagai forum, dan sebagainya. Saat itu, entah mengapa ND seolah menemukan jati diri sebenarnya sehingga lebih nyaman berasa di dunia maya ketimbang menghadapi kenyataan.
Sebenarnya "penyakit" ini mulai timbul sejak ND SMP, saat itu, ND mengalihkannya ke Manga dan hal lainnya seperti menggambar, mengedit foto di Photoshop atau membuat cerita pendek. "Penyakit" itu mulai terlihat saat ND kelas 2 SMA (sekitar tahun 2004 - 2005) di mana lingkungan yang secara terang-terangan menolak ND dan membuat ND mulai membenci semua hal. Ya, semua hal.
Kembali lagi ke tahun 2007 - 2008an, saat itu ND bergabung di forum penggemar Mangaka terkenal Jepang, CLAMP. Awalnya masih biasa saja, perlahan-lahan ND pun mulai akrab dengan member-member forum tersebut termasuk Admin dan Moderatornya. Entah mengapa, tiba-tiba masalah muncul. Ya, munculnya karena berbagai faktor, salah satunya adalah "penyakit" yang ND derita.
Saat itu, ND sering mengedit foto diri agar mirip dengan artis-artis bahkan karakter Anime atau Manga, salah satu foto yg membuat seisi forum Fans CLAMP tersebut heboh, adalah foto diri ND yg di edit mirip artis Korea, Lee Joong Ki. Karena ND dengan pe-denya mengaku bahwa itu adalah foto dirinya, walaupun editan, tapi beberapa member tidak percaya dan secara tersembunyi mulai "bermain detektif" untuk menyelidiki ND, hingga akhirnya ND di banned dari forum tersebut dengan tuduhan "Pemain Sandiwara" alias tukang bohong.
Saat itu jg, sebenarnya ND tidak tahu arti "Male" dan "Female", jadi setiap melakukan registrasi, ND selalu memilih "Male" untuk pilihan Gender/ Sex, karena hal itu juga, ND  pun dijuluki "Yaoi Keparat".
Kesal dengan perlakuan dan sebutan yang menurut ND tidak sesuai dengan kenyataan, akhirnya ND memutuskan untuk "ikuti permainannya". Jika mereka berpikir ND adalah Pria, maka saat itu ND menjadi Pria, jika mereka berpikir ND adalah pembohong, maka saat itu ND menjadi pembohong. Ya, pembohong. ND membohongi diri sendiri dan orang lain.
Saat itu, ND mulai menciptakan Clon ID dengan kepribadian yang berbeda-beda, berperan sesuai dengan ID dan menjadi orang lain, menyenangkan sekaligus merepotkan. Pada akhirnya, karena kewalahan memerankan banyak ID, ND pun memilih ID "peran" yabg lebih dominan dan menghapus sisanya.
Sekitar tahun 2010an, ND mulai secara perlahan meninggalkan Clon ID dan mencoba menjadi diri sendiri, walau kadang ada masa di mana ND kembali menjadi orang lain, namun hal itu tidak berlangsung lama. Hingga akhirnya pada tahun 2012an, ND mulai membuka diri dan memberanikan diri untuk mengenalkan diri sendiri ke dunia maya, bukan sebagai orang lain, tapi sebagai di ND sendiri. Awalnya cukup canggung, namun seiring berjalannya waktu, ND akhirnya tidak ragu lagi mengakui keberadaannya, ND yang ada di dunia maya adalah ND yang sama di dunia nyata.
Lalu, mengapa ND harus membuat dan mengungkapkan cerita ini sekarang?
Beberapa bulan yang lalu, tepatnya awal tahun ini (2016) ND mulai aktif di sebuah sosial media, sama seperti hal nya sosial media dan forum lainnya, ND berteman dan saling mengenal dengan User-user di sana, bercerita dan saling bertukar informasi.
Suatu hari, ND iseng melihat daftar pertemanan yang ND miliki dan ND menyadari ada User yang secara hampir bersamaan berteman dengan ND, satu diantara User tersebut bisa dikatakan "akrab" dengan ND, katakanlah dia adalah User A. User A cukup intense membalas komentar ND sehingga secara tidak sengaja ND memahami "ciri" dari User A. Lalu, terjadi sebuah kejadian sehingga User A tidak lagi muncul di sosial media.
Tak lama setelah User A menghilang, muncullah User B, salah satu User lainnya yang berteman dengan ND dalam waktu hampir bersamaan. Entah ramah atau memang gampang berbaur, User B secara tiba-tiba "akrab" dengan ND sehingga ND merasa sedang berkomunikasi dengan User A, sangat mirip memang. Lalu ND pun merasa curiga.
Kecurigaan makin bertambah setelah ada User yang lain mengatakan kecurigaan yang sama. Hei, kalian tidak lupa kan? ND tadinya adalah pengguna Clon ID. ND hanya tersenyum sambil menyelidiki, kalian tahu apa yang ND rasakan? Sensasi yang luar biasa saat men-stalking beberapa sosial media demi membuktikan adanya Clon ID di sekitar ND, perasaan berburu mangsa yang menggairahkan hingga membuat bulu bergidik, ND tersenyum bahkan kadang tertawa terbahak-bahak. Banyak bukti yang ND temukan, namun tidak cukup. Harus ada bukti yang lebih valid. Namun, hingga saat ini bukti hanya 99% benar, dan 1% itu adalah bukti yang sangat penting dan menentukan semuanya. Tapi 1% itu, sulit untuk ditemukan.
ND tidak menyalahkan mereka yang membuat Clon ID, mereka pasti punya alasan dibalik semua itu, tapi yang sulit diterima adalah menggunakan Clon ID hanya untuk membuat keuntungan pribadi dan merugikan yang lain. ND pernah menciptakan Clon ID, menggunakannya dan merasa Clon ID tersebut adalah orang-orang yang berbeda. Tapi, ND tidak menggunakannya untuk keuntungan pribadi, hanya sebagai pelarian dari sebuah penolakan di dunia nyata dan dunia maya.
Jika dipikir dengan baik, tidak ada hal baik mengenai Clon ID, itu hanya bentuk pelarian dan kecurangan serta kenyataan akan rasa sepinya diri sendiri atas penolakan di dunia nyata. Kamu salah satunya? Jangan tunggu orang datang padamu untuk membuatmu berubah, karena jika kamu terus menunggu, kamu tidak akan pernah berubah. Kamu bisa berubah karena kamu ingin berubah, jika keinginan itu tidak ada, percuma saja. Selamanya kamu akan menjadi pecundang.

Setelah kurang lebih 2 tahun ND ga bikin Blog, malah isinya macam ini >.<

Tidak ada komentar:

Posting Komentar