Kamis, 21 Agustus 2014

CPNS Dulu CPNS Sekarang

Sekarang lagi heboh2nya CPNS, sebagian malah lupa kalo beberapa waktu lalu kita masih bercokol di berita tentang GAZA, ISIS, Sengketa PilPres, ato malah Kemerdekaan Republik Indonesia itu sendiri. Yah maklum, yang namanya CPNS (khususnya di daerah) emang W.O.W gitu.
Sekarang sih ND males bahas tata cara pendaftaran CPNS 2014 ato apalah itu, toh kalopun mau nanya sama Mbah Google, pasti dijawab dengan hasil yang sedemikian rupa sehingga sering kali mencengangkan. Well, ND sih lebih suka membahas perbandingan antara seleksi CPNS jaman dulu dengan yang sekarang, apa sih bedanya???
Dulu, ga semua orang mau jadi PNS. Sekarang, hampir semua orang mau jadi PNS.
Fakta ini sih ND dengar dari tetangga-tetangga yang udah jadi kakek-nenek. Kata mereka, dulu sih kebanyakan orang lebih memilih garapin kebun/ ladang, bercocok tanam lah ketimbang jadi pegawe pemerintah (wajar bro, karena jaman dulu sifat primitif kita masih kental). Lah sekarang? beew, hampir kebanyakan kalo ditanya "lo mau jadi PNS?" jawabannya "ya iya lah!!!" (terutama orang2 di daerah).

Dulu, orang siap dibayar biar mau jadi PNS. Sekarang, orang siap membayar biar bisa jadi PNS.
Miris memang, tapi itu faktanya. Masih dari cerita kakek-nenek tetangga, dulu... jaman dulu, pemerintah siap membayar siapapun yang mau jadi PNS, ga peduli dia siapa, yang penting bisa baca tulis. Lah sekarang? liad aja disekitar lu, ga usah sok suci, pake tutup mata segala. Semua orang juga tahu, toh itu bukan rahasia lagi. Ya, benar. Sekarang hampir semua orang rela membayar siapapun yang bisa membuat mereka bisa jadi PNS. Malah sempat beberapa tahun yang lalu ND liad di tempat2 yang peminat PNS-nya banyak, udah pake tarif. Untuk lulusan Diploma 3 = Rp. 80 jt - Rp. 100 jt. Untuk Sarjana = Rp. 100 jt - Rp. 120 jt ato lebih. Mikir ga sih, duit segitu kalo dibeli baso udah dapat berapa mangkok???

Dulu, asal bisa baca tulis bisa jadi PNS. Sekarang, ga punya gelar... kelaut aja.
Menyambung dari yang diatas, dulunya, asal bisa baca tulis udah bisa jadi PNS. Ga perlu sekolah tinggi2 ampe keluar negeri pula. Cukup bisa baca tulis broo!!! baca tulis doank!!! Ga tamat SD pun hayoo. Lah sekarang??? Jangankan tamatan SMA, yang tamatan D3 ato S1 aja susah kalo ga punya duit ato koneksi orang dalam. Jadi bayangin aja, Indonesia tiap tahunnya mengeluarkan PENGANGGURAN dari sekian banyak Institusi Pendidikan. Apa kata dunia???

Dulu, sistemnya gampang tapi ga murni. Sekarang, (katanya murni) tapi sistemnya... ribet bener.
Kalo kasus yang ini, ND ga bicara soal cerita kakek-nenek tetangga, ato cerita jaman dulu, tapi cerita yang yaah masih berkisar tahun2 belakang lah. Dulu, seperti yang kalian tahu, mau jadi PNS pun pake nyogok. ada yang kena tipu lah, ada yang rumahnya kejual lah, ada yang ampe nikahin anaknya sama orang yang bersedia ngasih jalur masuk PNS lah, banyak gaya lah pokoknya, kontras banget sama sistem pendaftarannya yang sederhana, cukup masukkan lamaran lewat kantor pos, lulus administrasi, ujian tertulis dan tes2 lainnya, trus nunggu pengumuman trus jadi dah PNS, yang mana kesemua itu cuma FORMALITAS doank, padahal orang2 yang sudah pesan "kursi" mah udah ada. Lah sekarang??? Katanya murni sih, katanya transparan sih, katanya bebas biaya alias gratis sih. Tapi ga tau juga tuh, toh baru dimulai "Gaya" barunya. Tapi kontras juga sama sistemnya yang "ampyun DJ". Daftar ke link ini, trus dapat ini, trus masuk ke link ini biar bisa kayak gini, kalo udah kayak gini maka gitu, gini gitu gini gitu, alamak ribed !!!

Itu cuma perbandingan yang cukup signifikan sih dimata ND. Kayaknya sih bener, tapi kalo ada yang salah yah makan aja, anggap aja camilan buat diet (haha).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar